Arti dan Istilah Kata-kata Di Dunia Gemerlap

 


oleh Nofal liata

 

Istilah kata-kata ini merupakan hasil temuan dari penelitian yang di lakukan oleh Nofal liata di kota Yogyakarta pada tahun 2008, bertempat di beberapa lokasi hiburan malam ternama seperti di Diskoti, Cafe, Rumah Musik, & Klup Malam.

 

A

ABG                  : Kepanjangan dari Anak Baru Gedek.

ABG Penghibur : Disebut dengan nama “Ciblek”-Cilikan Betah Melek. ( profesi yang mirip seperti wanita PSK: Pekerja Seks komersil).

Alkohol              : Senyawa organik yang dalam struktur melekulnya memilih gugus hidrogen (OH). Namun, yang dimaksud dengan Alkohol dalam kehidupan keseharian  (juga dalam tulisan ini) adalah etanol atau etil Alkohol dengan rumus kimia C2H5OH. Jika di capurkan Alkohol zat Kimia cair ini kedalam minuman dapat memabukan.

Alkhoholik         : Anti Alkohol, atau tidak suka dengan minuman Alkohol.

Animo                : Hasrat atau keinginan yang kuat.

B

Bar                     : Meja tempat peracikan minuman atau tempat pemesanan minuman di diskotik.

Bartender           : Orang yang meracikan minuman untuk tamu di Diskotik

Barista                : Orang yang meracikan minuman untuk tamu di Café.

Basement           : Landasan, Lantai bawah, dasar.

Beat                    : Hentaman musik yang cepat dan keras (pukulan).

Betterfly Every Friday : Surga Tiap Jumat, ini adalah menu acara atau konsep yang di sajikan oleh diskotik Papillon pada hari jum’at malam.

Bikini                : Fashion, pakaian wanita yang tediri dari Bra dan Celana   dalam.

Bunker               : Nama tempat hiburan yang berbentuk café dan diskotik yang beralamat jalan Magelang No. 71 Yogyakarta.

Boshe                 : Nama tempat hiburan yang berbentuk café dan diskotik beralamat di jln Magelang Yogyakarta.

C

CAESAR Resto & Café : Nama tempat hiburan yang berbentuk café dan diskotik. Yang beralamat di Ambarukmo Plaza Yogyakarta.

Candu                : Mendapatkan kepuasan ketika didalam dunia dugem (dunia Gemerlap), jadi mereka ingin terus menikmatinya. Arti secara sesungguhnya reaksi dari mengonsumsi Madat atau Opium, (ketagihan, ketergantungan)

Cluber                : Sebutan buat para pengunjung Diskotik dan di Cafe house music. Atau orang-orang yang senang clubbing disebut dengan clubbers.

Clubbing            : Jalan-jalan, mampir di tempat tertentu,/nongkrong bersama-sama, sesama teman. atau dapat juga diartikan sebagai kegiatan mengunjungi cafe-cafe, diskotek, klub malam untuk bersosialisasi atau sekedar mencari hiburan dengan menghabiskan waktu melepaskan kepenatan, rileks, sekaligus media bersosialisasi dengan rekan.

Ciblek              : kepanjangan dari Cilikan Betah Melek, sebutan kepada wanita atau cewek ABG yang berprofesi sebagai wanita penghibur (PSK). Tarif kencan rata-rata Rp.100.000. jika sudah diajak jalan-jalan tarifnya bisa turun. Mereka dari kalangan remaja SMU dan mahasiswi.

Cover Charge     : Loket pembelian tiket masuk ke dalam Diskotik.

Cognac               : Salah satu nama jenis minuman yang dijual di  Hugo’s Café.

Color Of Nite Every Saturday : Tiap Sabtu Malam Berwana-Warni, ini adalah konsep acara yang di berikan oleh diskotik Papillon. Untuk memanjakan pengunjung setianya.

D

Dancers              : Penari.

Dance Floor       : Lantai Tarian

Dance Till Dusk : Menari Hingga Senja.

DJ                       : Kepanjanga dari “Disk joCkey”. Orang yang mengotrol Musik House, disko, R&B, agar terdengar lebih menarik, biasanya musiknya berpaduan dengan sinar lampu.

DJ Battle            : Pertunjukan DJ (Disk Djokey)

Dugem               : Kependekan dari kalimat “Dunia Gemerlap”, istilah dugem ini khusus di alamatkan ke tempat diskotik dan cafe house musik.

Dugemers           : Para pengunjung setia tempat hiburan malam (dunia gemerlap) di diskotik dan café House Music.

Drop-dropan, Drop : Tetesan? Menikmati setinggi-tingginya, menikmat senikmat-nikmanya, bahkah menujuk kondisi yang tidak terkontrol alias “Mabuk”.

E

Ectassy/Ekstasi  : Sejenis obat penenang, kegembiraan yang meluap-luap.

Enjoy                  : Menikmati.

Event                  : Pertunjukan.

Event Organizer : Penyelenggara Pesta, biasanya pesta yang berbentuk “Privat Party”. Private Party biasanya digelar saat pesta ulang tahun, wisuda, lulus sekolah, dan lain-lain. acaranya bisa penampilan dance, band, DJ, atau bahkan ngundang grup lawak.

Eksekutif Muda : sebutan buat mereka yang masih muda atau pemuda/i yang berekonomi lapisan atas atau kalangan kaya.

F

 Fashion              : Mode, Gaya, fashion biasanya identik dikaitkan dengan busana baju atau pakaian, yang di gunakan di anggota tubuh.

Fashionable        : Sesuai dengan mode terakhir, terbaru.

Fun                    : Kesenangan.

Funky                 : Penuh dengan emosi dan Irama / tampil keren, ikut trend. Bereksperimen untuk membuat sensasi dalam hal penampilan dan gaya, bergaya.

Free Sex            : Sikap, tindakan, prilaku, seks bebas. Seks di luar nikah resmi

Free Entrance  : Bebaskan pintu masuk (jika ada istilah ini tiket masuk diskotik gratis).

Free Drink          : Bebaskan minuman. Minuman gratis.

Free for Ladies  : Gratis untuk wanita. bisa berupa gratis tiket masuk dan minuman, untuk wanita bagi pengunjung diskotik.

Free Drink For Ladies : Gratis minuman untuk wanita.

JPA                    : Kepanjangan dari “Jogja Party Abis”. istilah   JPA biasanya di alamatkan ke acara yang di selenggarakan oleh café house music dan diskotik.

G

Gaul                   : Kependekan dari kata Bergaul, makna kata gaul untuk menunjukan suatu sikap, tindakan, fashion, pengerat emosional suatu kelompok, suatu komunitas yang mengikuti trend yang lagi berkembang. Bisa di lingkungan anak-anak, remaja, pemuda, orang dewasa.

Gay                    : Sebutan untuk yang berpacaran atau bercinta sesama jenis, antara pria dengan pria, gay tidak gampang di temukan namun jika sesama gay akan mudah bertemu di diskotik Hugos Cafe yang berlokasi di jl.Lasda Adisucipto Yogyakarta.

Geng                  : Istilah untuk satu kelompok tertentu.  Identitas suatu kelompok yang mempunyai ikatan emosional yang erat.

Green Sands       : Jenis minuman yang dapat di temukan hamper di semua Café dan diskotik, minuman ini termasuk yang tidak berakohol.

Glamour             : Daya tarik. Benda yang memiliki nilai materi yang tinggi yang menjadi daya tari.

Girls Party         : Pesta anak-anak perempuan, pesta yang mengratiskan masuk khusus buat wanita. (pada saat bersamaan pria masuk diskotik bayar).

Guest DJ           : DJ tamu, (DJ: Disk Djokey). orang yang mengontrol alunan musik pada tempat diskotik.

Great Sex           : Jenis kelamin besar.

Goedang Music : Nama tempat hiburan yang berbentuk diskotik, Berada di di basement  (ruang bawah tanah) Hotel Saphir jl.Solo Yogyakarta. namun pada tahun 2008 rumah musik ini tidak lagi beroperasi di samping hotel tersebut.

H

Having Fun        : me-Nikmati kesenagan.

Horny                 : Bertanduk /Terjerumus.

House Music      : Rumah Musik, di alamatkan ke diskotik dan cafe house music

Hogo’s CAFÉ    : Nama tempat hiburan yang berbentuk café dan diskotik. Berlokasi di Hotel Sheraton Yogyakarta. Club ini adalah yang terbesar jaringannya, karena selain di Jogja, Hugos Cafe juga ada dibeberapa kota besar di Indonesia, seperti di   Surabaya, Jakarta, juga Malang. Hugos Cafe juga merupakan tempat hiburan malam paling bergengsi untuk pemuda/i.

I

Impecunious Guest Student : Mahasiswa tamu yang miskin, (istilah penulis         berikan). istilah ini penulis berikan karena penulis menemukan di dunia gemerlap khusus di kota Yogyakarta bagi kalangan pengunjung tidak hanya yang berlatar belakang dari orang kaya, namun mereka yang datang ke tempat seperti ini juga banyak dari kalangan non-kaya. hal ini bisa terjadi karena kota Yogyakarta sendiri merupakan tempat berkumpulnya pemuda dari berbagai latar belakang dengan tujuan utamanya di kota ini adalah sebagai mahasiswa.

Insomnia            : Kesulitan Untuk Tidur, istilah ini Cuma di temukan di tempat diskotik yang bernama Hugos cafe. Bagi pengunjung yang sulit tidur sampai pagi tiba, disediakan acaranya. Dan acaranya diberi nama Insomnia.

Its Time For The Party : Waktunya Untuk Berpesta.

J

Jack Daniel’s     : Minuman yang Berakohol 40% persetiap Botol. Mede in Amerika.

Junglebeat         : Jenis/merek minuman. Jenis minuman ini dapat di temukan di diskotik Papillon dan di tempat yang lain-lain.

L

Leaflet                : Selembaran, Brosur, kertas lembaran media sosialiasi.

Let’s Dance        : “Mari Kita Menari”, Tari Let’s Dance bisanya di tarikan oleh beberapa orang 3-5 orang, atau bahkan lebih. yang di tarikan oleh kelompok pria atau kelompok wanita berbaju seksi, dan bisa di tarikan oleh kelompok yang terdiri dari wanita dan pria.

Lighting             : Pencahayaan, (pencahayaan yang berwarna-warni yang mengikuti musik DJ).

Live Performance Band : Penapilan band langsung, pertunjukan musik band.

M

Male Clubbers    :  Sebutan untuk pengunjung diskotik dan cafe bagi Pria.

Marketing           : Pemasaran, cara memasarkan.

ML                     : Kepanjangan dari “Making Love” yang berarti “Bercinta”, dalam konteks dunia gemerlap ML di artikan Melakukan hubungan seksual atau berhubungan intim (hubungan suami istri), baik dengan pacarnya, kenalan baru, wanita penghibur PSK dan sebaliknya, tanpa atau tidak terikat tali pernikahan yang berdasarkan peraturan pemerintah dan tidak berdasakan norma agama. (seks bebas).

Mode                  : Trend yang lagi berkembang/baru, suatu tipe yang menjadi banyak peminatnya. (Style-gaya hidup yang terbaru).

Musik Live         : Pertunjukan musik langsung, pertunjukan musik.

Musik Techno    : Musik Tehnoligi Elektronika, pertama muncul musik techno pada decade 80-an di Eropa dengan sebutan musik disko yang bertempo tinggi. Musik techno juga turut melahirkan budaya atau Kultur disko dan clubbing di Eropa sambari populernya konsumsi ekstasi dan ramainya berdirinya klub-klub malam seperti di Negara Ibiza, Italia dan London, yang menjadi surga berdenyut musik elektronika. Tahun 1988 dijuluki summer of love kedua di London.

http://indonesiancommunity.multiply.com/journal/item/1269/Clubbing_Sebuah_Pengantar).

N

Nongkrong       : Bersantai di tempat-tempat tetentu, seperti di tempat diskotik, café dan bisa juga di tempat-tempat lain.

Night Clup       : Klup Malam. Sekumpulan anak muda yang berkumpul di satu tempat tertentu pada waktu malam, biasanya di diskotik, café. Ada juga klup perkumpulan yang diberi nama tetentu sesuai dengan misi terbentunya klup.

 

O

”on”                    : Dalam kondisi aktif, bisa aktif dalam kondisi mabuk, menari, dan memakai sesuatu.

Obat Perangsang  : Yang akan terjadi setelah memakainya? Sipemakai tak akan pernah tahu, karena obat ini akan melumpuhkan otaknya selama beberapa jam. mungkin juga tak akan pernah ingat bahwa sipemakai telah diperkosa. Contoh Obatnya seperti: (1). Rohypnol atau dikenal dengan nama lain Roofies, adalah pil kecil berwarna putih yang cepat larut dalam air. Obat ini tak membutuhkan waktu lama untuk bekerja. Hanya dalam 20 menit, si peminum akan merasa pusing dan mengantuk. Obat ini menyebabkan tidak berfungsinya memori otak, sehingga orang yang meminumnya tak bisa mengingat apa yang terjadi selama 4-10 jam. (2). GHB, ini adalah larutan bening yang akan bereaksi setelah 15 menit . Efeknya bervariasi, seperti merasa tidak enak badan, lelah, dan tanda-tanda yang tak jauh berbeda dengan efek pemakaian Rohypnol.
Obat perangsang biasanya tidak berbau dan tidak berasa, sehingga sulit dideteksi.

Open Bottle       :Buka Botol, istilah yang populer di diskotik-diskotik dan cafe untuk promosi minuman harga khusus.

P

Party                   : Pesta, berpesta, mengadakan/mengikuti pesta ria,

Party Abis          : Pesta Sepuas-puasnya.

Privat Party        : Pesta Pribadi, Untuk kalangan terbatas cenderung ke intertaimen biologis hubungan seks, pesta pribadi di pasilitasi oleh sebuah wadah yang bernama event organizer khusus.

Pagi Hugos         : salam khas di tempat hiburan Hugo’s Cafe

Papillon              : Nama tempat hiburan yang berbentuk café dan diskotik. Yang beralamat di jl.Mayor Suryotomo. Sebelah timur Malioboro kota Yogyakarta.

PSK                    : Pekerja Seks Komersil. PSK di jln Pasarkembang kota Yogyakarta tarif rata-rata mereka berkisar Rp.70.000-100.000 untuk sekali pakai, namun yang Rp.50.000 juga ada jika tamu pandai menawarinya. Rp.25.000-30.000 adalah setoran untuk mujikari sebagai setoran jasa penyewaan tempat kamar kencan, selebihnya untuk PSK nya. (Berdasarkan tahun  2008).

Pub                     : KlubMalam

R

Rabu Gaul          : Istilah ini dipakai di tempat diskoti “the CLUB” pada hari rabu, dan di beberapa tempat diskoti lain. Seperti JJ Rumah Musik di Jln Magelang. Hampir semua diskotik menerapkan program ini atau mengenal istilah ini. dan tempat tertentu juga memiliki malam istimewanya masing-masing

Redmafia        : Jenis / merek minuman. Minuman ini dapat di temukan di diskotik Papillon.

Refreshing          : Penyegaran, Mencari hiburan

Republic             : Nama tempat hiburan yang berbentuk café dan Diskotik.

R&B                   : Salah satu nama jenis musik, di diskotik oleh DJ sering di perdengarkan.

 

S

Sakau                 : Orang yang suka mengkonsumsi obat-obat terlarang, seperti sabu-sabu, putaw, heroin dan sebagainya, dalam kondisi ketagihan dan mabuk. (ketergantungan narkoba)

Shaker                : Botol, tempat, alat kocok, pengocok. Biasanya di pakai di tempat Bar café/diskotik sebagai alat pengaduk minuman racikan.

Streaptease         : Nama Tari/Menari, yang memperlihatkan dan menonjolkan keseksian bagian badan dengan fashion minim, biasanya tarian ini dilakoni oleh cewek-cewek cantik yang berpenampilan pfoposional (cantik, seksi, badan tinggi, bisa merayu dengan bahasa tubuh: body language), memancing gairah seks lawan jenis dan menggodai.

Sexy                   : Mengairakan, memancing gairah seks lawan jenis laki-laki oleh wanita.

Sensual               : Sikap dan tidakan yang bersifat berdasarkan hawa nafsu, mudah melepaskan, menggoda hawa nafsu. Penampilan dan sikap yang memancing hawa nafsu seks.

Sexy Dancer       : Penari Menggairahkan, sekelompok wanita meneri dengan musik House berbusana minim/seksi, Memikat/memancing seksnya laki-laki.

Sexy Male Dancer : Penari Pria Menggairahkan, sekelompok Pria-pria yang menari diiringi musik House, memikat/memancing seksnya wanita. Sexy Male Dancer pernah dipertunjukan di diskotik Republic bulan Agustus 2008.

Sex Intercourse :  Pergaulan/Hubungan seks, seks bebas, hubungan intim.

Sloki                   : Gelas Kecil, sebagai tempat minuman yang berakohol, satu gelas kecil minuman berkapasitas sloki seharga Rp.21.000 dengan minuman bernama Vodka dan satu botol Vodka benilai Rp 400.000. sumber dari Waitress Rumah Musik JJ pada bulan November hari rabu tanggal 12. (data berdasarkan tahun 2008)

Starlight             : Cahaya Bintang, nama jenis minuman yang dapat di peroleh di diskotik Papillon

Spesial Offering :“Special menawarkan”, bisanya istilah ini di gunakan untuk penawaran harga khusus minuman merek tetentu. Dan di gunakan untuk promosi penawaran Open Bottle.

Soundsystem      : Suara/bunyi di spiker yang di atur.

Soft Drink          : Minuman tampa Alkohol.

Stage                  : Panggung, (stage performance: pertunjukan di panggung)

Sitting                : Duduk, tempat duduk sofa.

T

Techno            : Salah satu kategori jenis musik yang bertempo cepat seperti musik disko dan yang berhubungan dengan elektronika seperti musik R&B.

Tripping              : (Tersandung). Berekspresi dengan menari di lantai sambil mendengarkan musik di tempat-tempat hiburan, seperti kafe, diskotik, dan sebagainya.

Trend                  : Yang sedang menjadi dominan mode (gaya) atau kecenderungan.

Tempat Party-Separtynya : istilah hanya di temukan di tempat diskotik Hugo’s Café.

Tj’s                     : tj’s kepanjangan dari The Jet Zet. Nama tempat hiburan yang  berbentuk café dan diskotik di Kota Yogyakarta.

The CLUB         : Nama tempat hiburan yang berbentuk café dan diskotik di Kota Yogyakarta.

 

 V

VJ                        : Voice Joky, Pembawa acara.

Vodka                : Jenis minuman yang berakohol kadar 40% yang dapat di temukan di diskotik, jika di minum secara berlebihan akan menyebabkan mabuk hilang kedali akal sehat.

 

W

Waitress             : Pelayan Wanita, yang membawa pesanan minum di diskotik ke sofa tamu.

Whiskey             : Jenis minuman yang dapat di temukan di café house music atau di diskotik yang berakolal 40% per-dalam satu botol.

Wild  Dancer      : Penari Liar, bisa mereka yang terdiri dari Pria & wanita, & bersikap sangat berani. penari liar dapat di temukan di diskotik Papillon. Jum’at malam tanggal 15 Agustus 2008, Wild Dancer pernah dipertunjukan di Papillon.

3 Balasan ke Arti dan Istilah Kata-kata Di Dunia Gemerlap

  1. Mai berkata:

    I really found this amazing article , “Arti dan Istilah Kata-kata Di Dunia
    Gemerlap | Nofalliata’s Blog, Kajian Ilmiah”, especially entertaining and the blog post ended up being a great read. Thanks for the post,Ruby

  2. Jessika berkata:

    I needed to discuss this particular blog, “Arti dan
    Istilah Kata-kata Di Dunia Gemerlap | Nofalliata’s Blog, Kajian Ilmiah” together with my pals on facebook itself. I personallyonly planned to disperse your excellent posting! Thanks, Lucille

  3. nofalliata berkata:

    thanks for all, atas kunjungannya. smoga ada manfaatnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s